[Review Film] Spider-Man: Homecoming


HERE COMES YOUR FRIENDLY NEIGHBOURHOOD SPIDER-MAN!!
Judul : Spider-Man: Homecoming
Tanggal rilis : 5 Juli 2017
Sutradara : Jon Watts
Pemain : Tom Holland, Michael Keaton, Robert Downey Jr., Marisa Tomei, Jon Favreau, Laura Harrier, Zendaya, Jacob Batalon
Rumah produksi : Sony/Marvel Studios
Score : 9/10

*THWIP!!*


Sudah lama gua ngga ngisi blog ini…..DAN GUA KEMBALI UNTUK MEREVIEW SALAH SATU FILM MARVEL STUDIOS TERBARU: SPIDER-MAN: HOMECOMING


Film ini sendiri berlangung beberapa bulan setelah kejadian di film Captain America: Civil War, jadi ada sedikit flashback ke film tersebut (yang mana sudah dijelaskan di trailer—so….isn’t a spoiler I think?).

Sepertinya cukup sinopsisnya…..karena beberapa trailer (katanya) sudah membeberkan beberapa major scenenya. Gua sendiri sih cuma nonton 1-2 trailer aja jadi ngga begitu ke spoiler. Yang udah nonton semua trailernya ya….bandingin sendiri deh sama filmnya.

Dari segi cerita cukup simpel dan to the point, ngga ada intro bertele-tele kaya dua seri spidey sebelumnya. Scoring apik dari Mr. Giacchino terbaik (terutama classic Spidey theme yang gua cantumin di awal tulisan ini) tapi cukup forgettable kaya scoring film Marvel pada umumnya. Sorry to say.

Terus kenapa gua bisa memberikan nilai 9/10 pada film ini? Berterimakasihlah pada dua film Spider-Man sebelumnya yang bikin basis benchmark gua saat nonton film ini.

Dan Tom Holland tentunya. TOM HOLLAND IS THE BEST PETER PARKER/SPIDEY


Jawaban yang sedikit bias? Ngga juga, karena: 1. Gua gatau performa si Tom di film lain 2. Eksptekasi cukup rendah namun pebandingnya juga ngga bagus-bagus amat filmnya, jadi ya gitu deh.
Oke lanjut.

Tom’s Pete ini bener-bener mem-visualisasikan karakter dia di komik: nerd, ceroboh, banyak omong yang ngga penting.

Comicbook nerds wet dream lah ngeliat performa dia.


Seriously, bagi kalian yang mungkin mengikuti komiknya (atau pernah merhatiin dari meme-meme yang bertebaran terkait si scarlet spider ini) pasti tau betapa bodor nya seorang Peter Parker di komik. Dan dua predesesornya ngga bisa mencapai apa yang bisa Tom lakuin di film ini. Tom was born to be a real life Peter Parker.

Terus gimana dengan karakter lain?

TL;DR-nya kurang lebih gini:

1. Marisa Tomei flawless as always



2. RDJ ya….gitu deh. Sedikit ngga penting malah banyak yang kecewa “emangnya Spider-Man kurang seikonik apa sampe-sampe harus ada Iron Man di dalem film dan di hampir setiap posternya? Ya menurut gua selain jadi penambal plot/cerita, RDJ ini kayanya udah jadi poster boy atau sapi perahnya Marvel Studios *ditimpuk RDJ fengerl*. Ternyata RDJ—selain jadi sapi perah Marvel Studios—fungsi doi memang sebagai mentor pengganti Uncle Ben yang memang ngga ditampilkan di awal film (seperti dua seri sebelumnya). Great, I missed another essential thing.

3. Michael Keaton kurang menuhin ekspektasi gua sih tapi perannya sebagai Vulture emang cocok banget (selain bentukan muka dan posturnya cocok pake wingsuitnya yang keren abis itu)—memang cocok sama peran yang bersayap doi. 


UPDATE: setelah hengoper semalam, pagi ini saya bisa menobatkan si burung ganas ini jadi show stealer bersanding sama Tom.

4. Supporting character yang lain ya so so lah.

Terus apalagi yang bikin verdict dari lu bagus gung?

Lumayan banyak easter eggs yang bertebaran, ada yang reference ke komik juga.

DAN YANG PERLU KALIAN KETAHUI ADALAH DI AKHIR FILM ADA EASTER EGGS YANG MENURUT GUA PLAUSIBLE NGEREFER KE KOMIK YANG RILIS BEBERAPA TAHUN LALU. 

*die in nerdiness*

Pas nongol scene itu gua langsung “anjir ini kayany nyerempet ke yang di komik itu deh, bener ngga ya?” karena ngga ada temen nonton ya…..ngga ada yang bisa jawab kebingungan gua…..

UPDATE (2): setelah diskusi dengan MinDan dari @komrikmania ternyata doi sepemikiran sama gua untuk bagian ini, yang penasaran ini apa bisa tanya langsung di pelbagai sosial media gua biar ngga spoiler :D

UPDATE (3): pas mandi tadi pagi gua tiba-tiba kepikiran "jangan-jangan Homecoming ini jawaban Marvel ke DC selama ini kalo mereka memang bisa bikin film fun yang serius juga?". 

Kok bisa? Jawaban kuncinya ada di kerjasama Marvel Studios dengan Sony itu sendiri. 

Gua akui untuk dua seri Spider-Man sebelum punyanya Tom ini bagus
tapi secara karakterisasi ngga akurat yang mana jadi bahan kritik para kritikus ataupun fans selama ini.

Lalu muncul Lord Kevin Feige dengan antek-antek Marvel Studiosnya dia yang membawa secercah harapan......

Iya, film ini bisa dibilang sukses menghilangkan dahaga para fans karena Marvel bisa stick to the core di dalam tiap karakter yang ada di dalem film ini, yang mana Sony ngga bisa lakuin di lima film Spidey terdahulu. Marvel tau gimana karakterisasi Peter serta peran pendukung lainnya.

Statement itulah yang gua simpulkan kalo film ini sangat serius (kalo kalian udah nonton mungkin kerasa bedanya sama yang dibuat murni oleh Marvel Studios) namun tetap Fun ala filmnya Marvel.

Kesimpulannya sih…kalian ngga bisa bandingin sama Wonder Woman yang sebulan lalu rilis. Come on guys, can we enjoy them all without “tubir antar fans”?

Tapi yang pasti, bagi kalian fans berat Spidey wajib nonton ini untuk tau kenapa bagusnya. Bagi kalian casual moviegoers wajib nonton juga karena kalian tau kenapa gua bisa bilang ini lebih bagus dari dua pendahulunya.

Oh iya, sebelum disudahi selalu ingat ini ya.
Jangan lupa ada 2 after credit yang wajib ditunggu sampe beres. Selamat menonton!

Terima kasih!

My Instagram