First Time Kontekan sama iTunes Support Cuy!


*bersih-bersih beranda blog*
Halo! Sudah lama saya sebagai empunya blog ini tidak memberlakukannya dengan sebagai mana mestinya. Kali ini gua mau memberikan sedikit pengalaman kecil yang baru gua alamin pagi ini (kalo tulisan ini diunggah hari Senin ini tanggal 31 Juli ya, kalo pas Selasa tanggal 1 Agustus ya berarti kemaren pagi), jadi mungkin ini tulisan yang cukup singkat tapi gua harap jadi informasi yang bermanfaat bagi kalian para netijen di seluruh penjuru negeri.
Sebelum ke kronologi yang sesuai dengan judulnya, gua akan memberikan sekilas info kenapa gua coba kontekan sama support person-nya iTunes (atau dalam hal ini Apple, sebagai company yang menaunginya).
Ok lanjut.
Awalanya pas tanggal 14 Juli lalu gua melakukan aktivitas in-game purchase salah satu item virtual di dalem game Marvel Future Fight-nya Netmarble—iya developernya Get Rich yang dulu booming banget itu dan 7Knight bagi kalian yang tau. Item yang gua beli adalah package berisi 20 daily biometrics dan Tony’s Stark Stash (you see the correlation with the game title?) yang mana kedua item itu dibeli secara terpisah. Pada hari itu—yang entah karena wifi gua yang sucks atau apa—purchasing gua untuk item yang pertama gagal dengan tanda indikator item di dalem game tidak muncul namun tidak untuk item yang kedua—yang mana indikatornya muncul (indikator yang seharusnya muncul seperti dilingkari merah di bawah, Tony’s Stark Stash ditandai kristal biru dan daily biometrics yang logo Iron Man). Karena item pertama ngga ke-purchase yauda gua masuk ke storenya lagi untuk beli ulang tuh dan akhirnya bisa. 
Screen capture di atas diambil hari ini yang mana sudah terjadi purchasing
Nah pas beberapa hari lalu, kalo ngga salah tanggal 26 atau 27, gua dapet payment invoice dari Apple ke email gua—yang mana 2 hari sebelumnya ada trouble juga dengan debit visa yang jadi payment info di akun gua dan menurut hipotesa gua gara-gara saldo gua ngga cukup untuk bayar masalah ini. Gara-gara invoice itu gua shock setengah mati: TERNYATA IN-GAME PURCHASE YANG PERTAMA KE TAGIH JUGA MENURUT SISTEM PAYMENT APPLENYA. Yauda pengen berkata kasar aja semaleman tuh.
Invoice yang gua terima dari Apple
Ok timeskip langsung ke beberapa malem lalu, gua laporan ke Netmarble selaku developer soal ini dan mereka memberikan respon kalo memang di sistem mereka permintaan purchasing gua ngga masuk pada hari itu lalu mereka menganjurkan gua untuk lapor ke customer service-nya Apple. Disini gua juga pengen salut sama CS Netmarble yang cepat tanggap untuk investigasiin masalah gua (kalo ngga salah 2-3 hari kerja langsung dibales lagi report ticket gua).
Nah sekarang main concern gua soal iTunes Support-nya Apple.
Jadi pagi ini gua coba buat laporin masalah itu karena udah dapet bukti dari Netmarble soal system trouble itu. Awalnya gua coba pake media email ke mereka karena waktu masalah payment info yang udah gua sebutin sebelumnya dibales lumayan cepet juga (kalo ngga salah 2 hari kerja juga) karena awalnya gua ngga yakin dengan sistem live chat yang pasti makan waktu tunggu lama banget (ya tau sendiri lah parno-parnonya user yang sering di-php-in CS kalo mau live chat dengan company luar). Tapi gua mengurungkan niat karena gua akses web mereka via hp yang mana gaenak untuk kirim-kirim email via web Apple-nya, jadilah gua coba untuk pake media live chat.
Setelah sistem menunjukkan kalo gua udah ter-koneksi dengan salah satu support-nya gua pun menunggu. 15 menit sepertinya.
Iya kaya nungguin gebetan nge-chat gitu.
*TUNG*
Eh ternyata udah nyambung dah sama doi, gua dapet support cowo yang namanya Yarru. An Indian I think? Lanjutlah gua berkomunikasi sama dia dengan diawali ucapan selamat pagi dari doi yang gua pikir cukup mengalir. Baik banget doi!
Disclaimer: mohon maafkan apabila banyak bad grammar maklum saya mah apa atuh 
Percakapan saya dengan si CS
Entah gua yang norak apa gimana tapi first time urusan masalah kaya gini bikin first impression gua sama CS-nya Apple jadi bagus banget. Ngga kaya disini yang kadang-kadang agak gamau ribet gitu (alias ngeselin). Pengalaman ini juga yang ngebuktiin kalo emang selling point mereka ngga hanya premium quality handheld namun after sale-nya juga.
Jadi intinya kalo kalian mengalami masalah dengan produk Apple kalian—apapun itu masalahnya—jangan takut untuk mencoba kontek mereka karena selain langsung dituntasin masalahnya (kalo memang memungkinkan, karena gua gatau juga apakah ada masalah yang rumit yang harus dituntasin dalam waktu lama) mereka bakal nanggepin kalian dengan sangat baik!
Saran gua sih untuk memudahkan kerja mereka, kalian coba jelasin masalah kalian secara spesifik. Contohnya kaya kronologi waktu masalah, apa yang kalian lakuin pas masalah itu terjadi, bukti pendukung (kaya contoh gua di atas ada keterangan dari pihak Netmarble), dll. Jangan lupa untuk berkata sopan dan tidak emosi supaya ditanggepinnya baik juga sama mereka. They deserve what you deserve.
Selain itu gua baru dapet cara lain dari @MakeMac (thanks for the info!) kalo kalian bisa report masalah dari purchase yang kalian lakukan dari link yang bisa diakses disini. Disitu akan tertera daftar item apa saja yang telah kalian beli melalui Apple ID kalian masing-masing (dengan login dulu di website tersebut tentunya).
Mungkin setelah 10 hari kerja akan coba gua update apakah gua udah dapet refund yang dimaksudkan sama dia atau ngga. Biar keliatan terbukti kalo masalah gua emang dapet jalan keluar dengan janji yang tepat 10 hari kerja itu.
By the way produk sebelah juga CS-nya kaya gitu juga ngga ya? Ada yang bisa kasih info?
Terima Kasih!

My Instagram