Ayam Kremes Kekinian ala McDonald's Indonesia


Disclaimer: tulisan ini tidak ada unsur promo berbayar sama sekali, jadi ya review dan opini pribadi gua aja.
Yes, ini adalah blog pertama (lagi) setelah sekian lama udah ngga nulis di kolom blog. Ada yg rindu ngga? Oke kalo ngga gpp deh. Kayanya ngga ada yang peduli juga *hiks* 
Oh iya, kebetulan tulisan ini bertepatan sama awal bulan Ramadhan alias bulan puasa. Terus puasa identik dengan sahur maupun berbuka puasa ye ngga? Jadi intinya tulisan ini membahas makanan. Semoga tulisan ini rilis pas lagi buka puasa atau sahur ye.
Kalo pas lagi puasaan siang-siang bacanya? Yauda tahan aja lapernya, sore-sore langsung cus beli aja oke?
Oke lanjut.
Jadi gini, kemaren gua sempet ngeliat di lini masa sosyel media gua ada yang ngeretweet akun verifiednya McDonald's Indonesia. Siapa sih yang ngga tau restoran cepat saji yang (katanya) jadi tempat nongkrong anak-anak kekinian (sejauh mata gua memandang) selain (mungkin) Sevel, Circle K, ataupun Wendy's.
Jadi lu kekinian dong gung?
Ngga kok ngga. Dulu sering ke McD gara-gara sering nugas, rapat, dan tempatnya adem (sewaktu kuliah di Surabaya). Lol.
Oh iya kok jadi out of topic. Balik lagi gaes.
Jadi di akun yang di-verified itu mereka ngiklan produk terbaru mereka yang kebetulan menyambut bulan puasa juga.
I present you: Paket Ayam Kremes Spesial Sambel Uleg!
The f*ck!?
I thought "burger balado" or "mcflurry rujak ulek" (correct me if I'm wrong) would weird enough as a food. Guess what? I'm half wrong.
Iya, McD terkenal sama menu spesial yang berbeda-beda di tiap negara. Salah satunya yang gua sebutkan tadi ada burger sambel balado ataupun mcflurry ruiak ulek.
Dan iya, mcflurry rujak ulek itu adalah hal yang terbodoh pernah gua beli dan rasakan. Kalo ada lagi kalian perlu coba sekali deh. Lalu lupakan jauh-jauh dari hidup kalian.
Ok lanjut.
Tadinya gua ngga percaya kalo ini bakal beneran ada—karena kemaren itu memperingati setaun kematiannya Harambe jadi mungkin menu ini sekedar jokes. Coincidence? #DicksOutHarambe.
Good guy Winston being a good guy
Meme placement gua cukup buruk. Maafkan.
Jadi menu ayam kremes ini kata mba-mba waitress-nya sih cuma ada sampe bulan Juni. Ya kurang lebih selama bulan puasa lah. And I'm lucky enough to try it as soon as the product launched. Oh iya gua beli ini tadinya mau sama Happy Meal eh ternyata hadiahnya udah bukan yang Super Mario lagi jadinya gajadi deh 
Sekarang gua coba tunjukin kelengkapannya kaya apa aja:
Isi paketannya
Seems familiar? Yes you're right! Isinya adalah paket panas spesial ditambah kremes dan sambel uleg yang menggantikan sambel McD yang tersohor itu! Mana suaranya #TeamSaosMcD? Sudahkah kalian triggered karena menu ini?
Tenang-tenang jangan heresy dulu bagi kalian yang #TeamSaosMcD. Percayalah ide memasukan sambel uleg ke dalam paketan McD bukanlah ide buruk! A bit weird at first, but overall taste is good enough as a normal casual food.
Dengan lidah sedikit ke-sunda-an mungkin langsung dapet after taste nya.
Oh iya soal sambel ulegnya, makhluk pesek penghuni twitter penyuka anime (alias @sadhvii) sempet ngasih komentar kalo rasa sambelnya persis sambel kalengan merk A*C dan doi ada benernya sih (mungkin tepatnya sambel terasi botolannya).
Yang agak mengganggu tapi memenuhi ekspektasi adalah kremesnya.
Ekspektasi gua soal kremesnya sih bakalan pake remehan tepung ayam McD. Ya secara ini McD cuy yang terkenal sama ayamnya (tapi tetep kalah endes sama KFC, sorry to say lol).
TERNYATA EH TERNYATA.
Kremesnya ini PERSIS banget rasa dan teksturnya dengan kremes yang biasa dipake restoran-restoran spesialis ayam kremes. Bedanya Cuma bentukan ayamnya aja yang ayam McD bukan ayam goreng biasa. Sungguh try hard nya McD patut diacungi jempol.
Yang mengganggu sih jumlah dalam satu bungkusnya sih. Bukan banyak lagi, tapi f*ckton of crisp. Bisa-bisa lu kenyang makan kremesnya doang.
Itu ayam sisa emak gua yang dikasih ke gua. Jadi ya gua makan 1,5 ayam dah
Setelah gua habiskan paket ini, gua merasa menu ini lumayan normal untuk dimakan ngga kaya menu-menu sebelumnya. Jadi ya kalo penasaran coba beli aja, kalo ketagihan gua ngga tanggung jawab ye….
Jadi kesimpulannya sih emang berlebihan karena mereka cuma nambahin kremes sama sambel di paket panas special yang udah ada, tapi ngga akan masuk menu spesial kan kalo ngga aneh?
Additional information: Buat kalian yang pengen beli karena penasaran, menunya sendiri ada dua yang pake paket panas spesial (alias ada telornya)—yang gua beli—sama panas 1 (yang ngga pake telor). Semuanya udah termasuk paketan sama minum fizz-fizz gitu namanya. Gua sendiri memilih untuk ganti pake soft drink biasa.
Additional information #2: Tulisan ini (lagi-lagi gua ingatkan) murni review gua semata, tidak ada unsur promosi berbayar sama sekali. Terkenal aja ngga blog gua.
Pros:
+ Sambel uleg lumayan cocok lah sama lidah orang Indo
+ Kremesnya mevvah cuy sama kaya di restoran
Cons:
- Versi mahal dari panas spesial
- Dipikir-pikir rasanya biasa aja ngga ada wah-wahnya
Ohiya perlu dibikin seri spesial Ramadhan ngga ya ini review makanannya?

My Instagram