4 Tips untuk Menikmati Screening Ghibli di Bioskop

08:30



Tulisan kolaborasi dari Hestia Istiviani. Feel free to check her blog out!

Ghibli tribute by DeviantArt user Aadavy
Hayo mari kita main tebak-tebakan. Siapa sih yang belum tahu kalau per April 2017 Ghibli Studio melakukan screening film di Indonesia? Terpilihlah beberapa kota seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga Manado sekalipun!
Bagi mereka yang belum pernah menikmati bagusnya film-film yang dihasilkan oleh Ghibli, jangan sampai melewatkan kesempatan yang satu ini. Kalau yang sudah pernah menonton, tidak ada salahnya juga untuk menontonnya di layar lebar. Supaya tidak bingung, ada tips yang bisa kalian terapkan nih:

1. Pesan dari Jauh-Jauh Hari
Tiket screening film Ghibli hanya bisa didapatkan melalui website http://www.worldofghibli.id. Setiap bulannya, akan dibuka pembelian tiket untuk penayangan judul film di bulan tersebut. Semisal, film untuk bulan April adalah Spirited Away. Maka, penonton hanya bisa membeli tiket untuk film tersebut dan belum bisa untuk penayanagn film judul lainnya.
Sebenarnya cukup mudah untuk membeli tiketnya. World of Ghibli Jakarta bekerja sama dengan Karciscus dalam perihal dunia pertiketan ini. Penonton hanya perlu klik dari situs World of Ghibli Jakarta dan langsung diarahkan ke laman Karciscus. Dari situ, penonton memang perlu login. Tidak perlu membuat akun baru, sebab dengan Karciscus, penonton bisa login menggunakan akun Facebook atau dengan akun Google.
Penonton kemudian digiring untuk memilih di kota manakah akan menonton, di bioskop mana, dan untuk penayangan pukul berapa. Barulah, penonton bisa memilih seat yang mana (tentu, yang sudah tersedia).
Selesai memilih, penonton diberikan konfirmasi ulang apakah benar akan menonton pada pilihan tersebut. Barulah, laman berpindah untuk invoice.
Informasi penting! Sejauh ini pembayaran tiket screening film Ghibli dimanapun adalah dengan melakukan transfer ke virtual account Bank Mega. Pengalaman pribadi: lebih baik transfer dilakukan via ATM. Dan batas waktu pembayaran hanya 2 jam dari penerbitan invoice.
Begitu sudah dilunasi, penonton akan mendapatkan email berisi konfirmasi bahwa tiket sudah dapat diunduh dari situs Karciscus.
To be honest, saya berharap portal pembayarannya bisa menggunakan lebih banyak pilihan Bank karena jauh lebih mudah.
Kembali pada membeli tiket dari jauh hari. Maksudnya, supaya ketika sudah dekat penayangannya, penonton tidak perlu ribet lagi untuk memesan tiket. Pasti lebih lega kalau sudah punya tiketnya, bukan?

2. Pantau Terus Twitter Ghibli Jakarta
Memang, di web Ghibli Jakarta sudah cukup update untuk memberikan informasi, tetapi informasi yang paling cepat beredar juga bisa dijadikan acuan untuk mengalami pengalaman nonton Ghibli di bioskop yang paling maksimal. Seperti misalnya memantau via Twitter di @GhibliJkt atau beberapa Twitter user yang memang bagian dari GhibliJkt (mbak @frauassenava salah satunya). Hal tersebut sangat membantu, apalagi kalau sudah mendekati hari H nonton. Para garda depan tersebut akan memberikan informasi terkait screening film Ghibli. Misalnya, informasi tentang bioskop mana saja yang masih cukup sepi dan lain-lain.
Penonton juga bisa mengikuti informasinya melalui tagar #GhibliJkt atau tagar #VolunteerGhibli. Kalau kedua tagar tersebut sebenarnya berfungsi sebagai pembangun rasa antusias calon penonton dengan membaca kesan dan pesan penonton lain mengenai suasana. Biasanya sih, setelah membaca komentar mereka, malah makin tidak sabar. Kalau aku? Inginnya sih ikut membantu menjadi #VolunteerGhibli :’)

3. Tanpa Antre, Langsung Menuju Studio!
Enaknya Ghibli screening di Indonesia adalah, penonton tidak perlu mengantre di loket untuk menukarkan tiketnya. Ya tentu saja karena tiket kan sudah dimiliki oleh penonton via bentuk elektroniknya.
Catatan juga nih. Tidak semua bioskop ada rekan-rekan Volunteer Ghibli ya. Jadi kalau kalian bingung harus menukarkan tiket dimana, tinggal menuju studio dan tunjukkan saja e-ticket kepada petugas bioskop. Gampang banget kan?
Nah, aku sendiri sempat bingung ketika aku tidak menemukan satu orang pun Volunteer Ghibli di Blok M Square. Malah aku sempat mengantre di loket sebelum akhirnya aku bertanya via Twitter kepada mbak @frauassenava dan ternyata memang benar: tidak perlu antre.

4. No Need to be FOMO
Ya, kayaknya sudah disampaikan juga sebelum film diputar kalau merekam dalam bentuk apapun untuk kepentingan apapun adalah hal yang melanggar hukum. Jadi, lebih baik simpan gawaimu dan kalau perlu, matikan saja. Untuk apa bela-belain pesan tiket dari jauh hari kalau ketika filmnya sudah di depan mata, eh malah tidak menikmatinya?
Ingat, menonton film di bioskop itu merupakan pengalaman tersendiri dan membutuhkan optimalisasi indera penglihatan dan pendengaran. Plus, penghayatan yang mendalam.
Saranku sih, kalau ingin pamer, unggah saja foto tiket kalian 😊


Bagaimana? Sudah siap untuk menonton setiap film Ghibli yang berbeda?

You Might Also Like

0 comments