[Review Komik] Scars (spoiler)


Ketika kenyataan bersebrangan dengan prinsip dan idealisme

Judul : Scars
Tahun terbit : 2002
Penulis : Warren Ellis
Score : 4/5

Scars (2002) ini merupakan mini series yang ditulis sama Warren Ellis (Karnak, Moon Knight, Global Frequency, Planetary, Nextwave) yang bertema crime investigation tapi sebenernya ngga kesitu intinya. Kenapa? Karena emang ngga berseri soal crime investigation bener-bener tapi pondasi dasarnya ada disitu.

Bingung? Sama gua juga bingung jelasinnya. Kalo dijelasin bakal agak spoiler soalnya.

Jadi komik ini berkisah tentang Homicide Detective (detektif yang biasa nanganin kasus pembunuhan) bernama John Cain yang harus mengungkap kasus mutilasi yang terjadi di blok daerah tempat doi tinggal.

Langsung aja ke bagian yang spoiler ya. Kalo penasaran pengen baca langsung skip ke setelah tombol spoiler aja atau cari dulu donlotan tuh di dunia maya, kalo udah kelar tinggal buka deh spoilernya.



------------------------------------------------------------
Seiring cerita berjalan, detektif Cain ini sangat terobsesi untuk mecahin kasus mutilasi yang menelan korban anak perempuan berumur 9 tahun. And you know what? Her body part separated into three boxes! How b*stard the killer right? Dan yang bikin doi tambah obsesi adalah dia selalu kebayang-bayang putrinya.

Yang mati. Saat dikandungan ibunya. Ditembak sama orang random di jalan.

Iya anaknya belum lahir. How poor our detective.

Dia berprinsip “kalo berhasil mecahin siapa dalang dari kasus pembunuhan ini, ngga akan ada lagi korban berikutnya”. Sungguh obsesi sekali.

Namun, dalam pemecahan kasus ini banyaaaaaaaaaaaak banget rintangannya (yang somehow bisa diringkas dalam 6 buku dengan apik), entah dari dokumen kasus serupa yang ditutupi lah, bosnya yang seakan-akan acuh sama kasusnya lah, dan masih banyak lagi. Sampai-sampai partnernya pun, detektif Amersham, harus bertolak belakang sama dia karena detektif Cain ini udah frustasi dan ingin menuntaskan kasusnya dengan cara dia sendiri (setelah dia dihentikan sementara sebagai detektif sama bosnya).
------------------------------------------------------------

Bagi kalian yang seneng sama komik dengan tema action-crime investigation dengan sedikit unsur thriller, gua sangat merekomendasikan banget. Ceritanya sangat dalem namun cukup agak berat kalo kalian ngga terbiasa dengan dialognya (biasanya fans komik lama sih kuat-kuat aja soalnya ini komik terbitan lama). Score 4 of 5 from me.

Oh iya, komik ini menurut gua termasuk semi gore. Jadi hati-hati yang ngga kuat dengan penampakan yang agak-agak berdarah dan sadis (walopun coloring panelnya item putih)

Karena tergolong komik lawas, mungkin agak susah dipasaran untuk beli fisik. Jadi mengandalkan yang gratisan saja di dunia maya. Selamat membaca!

Merci!





My Instagram