[Review Komik] Marvel's Secret Wars (spoiler?)


Apa yang terjadi ketika multiverse akan bertabrakan? Siapa yang akan menyelamatkan dunia?
Judul : Marvel's Secret Wars
Tahun terbit : 2015
Penulis : Jonathan Hickman
Score : 5/5

Introduction: Sebelum baca, mari bersama-sama kita hitung berapa jumlah kata banyak dan banget dalam tulisan ini. Good luck!

Review kali ini gua mau bahas soal event secret wars yang sempet di-mention di review Death of X (2016) yang lalu. Secret Wars ini sendiri termasuk event yang di re-use judulnya sama Marvel dengan nama Marvel Ssuperheroes Secret Wars (1984).

Lanjut.

Event ini bisa dibilang gede BANGET. Kenapa? Karena event ini ngelibatin banyak UNIVERSE nya Marvel. Ngga cuma satu--yang biasa dikenal dengan earth-616, tapi BANYAK. I REPEAT—BANYAK.

Iya bagi kalian yang awam atau baru kenal komrik (atau komik amrik)—yang mana gua juga termasuk baru baca serius sekitar 2-3 tahun ke belakang—dari dua big publisher disono, mereka biasa banget bikin cerita yang ngelibatin banyak karakter dalam satu eventnya. ITU BARU DARI UNIVERSE UTAMA.

Bayangin, udah satu universe yang punya sekian banyak karakter, mereka punya duplikasi dari universe itu dengan karakter yang sama namun terkadang punya beberapa elemen yang berbeda ataupun bertolak belakang sama sekali. Dan itu ngga cuma diduplikasi satu, BISA LEBIH DARI 10-20 universe yang diciptain dari story arc beda-beda.

Oke biar ngga bingung gua coba tunjukin skemanya:

Ngga keliatan? Iya. Bingung? Sama.
Sumber: Pinterest

Tuhan, hidup sungguh njelimet. Tapi apakah kalian pernah berpikir kalo kalian punya duplikasi dari diri kalian di semesta sana yang berbeda sama sekali dengan di galaksi kita bima sakti namun punya bentuk yang sama? Nah kalo kalian bisa bayangin itu berarti kalian ngerti konsep multiverse.

Oke lanjut kembali ke topik utama.

Secret wars ini bermula dari event time runs out dimana diceritakan earth-616 (universe utama Marvel) akan tabrakan sama earth-1610 (alternate universenya Marvel—gampangnya universe lain yang beda dengan earth-616). Dampak dari peristiwa itu? Kiamat.

Iya bisa dilambangin sama kiamat.

Beberapa superhero kesayangan kita di universe utama berantem sama counter part nya dari universe sebelah. Ada beberapa yang lagi cari cara supaya universe  mereka ngga tabrakan. Hasilnya? Kedua universe tetep tabrakan. Nasib beberapa karakter pun tidak jelas.

Long story short, ada idola kita semua Dr. Doom yang somehow menyelamatkan beberapa keping universe…..YANG TERNYATA BANYAK BANGET. Dari beberapa keeping universe itu doi bikin sebuah realitas yang disebut battleworld.

Yang kiri itu daftar keping universe yang ditambal di dunia baru sama Dr. Doom. Total ada 41 (42 kalau di dalam Manhattan earth-616 dan 1610 dianggap universe yang beda)
Sumber: Reddit

That’s a huge of m*fckin’ a$$ world man.

Oh iya tadi spoiler ngga sih masuknya? Mudah-mudahan ngga deh.

Pokoknya gitulah. Dari situlah awal mulanya perjuangan superhero Marvel demi survive di battleworld ini.

Oke kira-kira itu sinopsis story arc nya.

Sekarang kenapa menurut gua event ini keren banget? Karena konstruksi realitas, karakterisasi dan BANYAKNYA CERITA TAMBAHAN YANG KEREN-KEREN.

Oke terlalu banyak caps.

Pertama, konstruksi realitas ini jadi tema yang menurut gua asik banget untuk di build-up di cerita komik fiksi model gini. Suatu yang secara logika bisa terjadi dan secara ilmiah sulit untuk dijelaskan secara mudah ditampilkan dalam bentuk komik. Well, karena komik apapun bisa terjadi kan?

Kedua, karakterisasi yang ditampilin Hickman asik banget, bagaimana Dr. Doom yang dikenal sebagai super villain dari Fantastic Four bisa jadi penguasa dunia (ini spoiler ngga ya?), gimana karakter-karakter protagonist dipaksa untuk survive dan masih banyak lagi.

Pokoknya Dr. Doom jadi penguasa dunia itu keren. Ngga bisa diganggu gugat. Ngga pokoknya.

Dan bagian terbaiknya adalah banyaknya tie-in (cerita tambahan) yang keren-keren. How the hell a big big a$$ world—build by a super villain, containing a lot of multiverse—without a lot of cool mini stories? Heresy.

Mungkin itu yang bakal dikatain minDan dari @komrikmania (gua ngga minta bayaran kok tenang)

Dan berawal dari tiga poin—yang mungkin ngga berbobot sama sekali—yang membuat gua memberi nilai 5 dari 5 buat event ini. Sebenernya mau ngasih 4.5 karena bobot di akhir issue yang anti klimaksnya kurang nendang, tapi entar kena footdive Dr. Doom.

Penasaran? Ngga? Kalo ngga ngapain baca ini sampe selesai. Duh.

Silahkan baca dalam bentuk fisik maupun digital yang dijual dan tersebar di dunia maya. Ini komik kelar awal 2016 lalu cuy. Jadi udah ada dimana-mana pasti.

BTW, udah ngitung berapa kata banyak dan banget di tulisan ini? Kalo kalian bisa itung semua.....selamat kalian manusia yang sungguh tidak ada kerjaan. Cari kerjaan gih.

Sankyuu!


My Instagram