Lubang Tanpa Dasar Bernama DOLANAN


Judulnya lebay? Mungkin.
Tapi jangan salah, itu ada benernya buat seseorang yang dalam setahun minimal selalu PO entah itu cuma sekali atau beberapa kali. Oh iya mungkin ada beberapa yang belum tau maksudnya dolanan itu apa. Dolanan itu dari Bahasa Jawa yang artinya permainan atau mainan. Liat dari pengertian dan judulnya mungkin kalian udah sedikit tau korelasinya.

Bagi yang belum mari gua lanjutkan.

Istilah dolanan ini gua pake merujuk sama akun @ikidolanan (tenang ini promo gratis kok min. Sama-sama loh) yang sering pake istilah ini untuk bahas racun-racun mainan. Kenapa racun? Karena mainan adalah candu.

Iya bener candu. Kaya rokok untuk perokok. Kaya kopi bagi—yang katanya—pecinta kopi. Kaya narkoba bagi—yang katanya—pecandu narkoba. Oke lanjut.

Mungkin untuk sebagian orang bingung “kok lu maniak banget sih sama mainan?”, “apa sih kok lu udah gede masih main mainan”, dan berbagai cercaan dengan segala bentuknya.

Iya kita mah sabar sebagai kolektor.

Tapi emang bener. Gua baru terjun ke dunia dolanan ini 2-3 tahun ke belakang salah satunya karena diracunin akun @ikidolanan (iya, kalo ada yang baca soal review komik gua di blog ini, gua candu sama komik dan mainan bersamaan pas kuliah dan harus bertahan hidup dengan kebutuhan hidup & kebutuhan hasrat pribadi ini, d*mn it).

The best regret I’ve ever had. Seriously.

Mungkin gua kenal mainan sejak kecil ya. Wajar lah namanya bocah, pasti seneng main. Sering dibeliin mainan sama nyokap, dan awal mulanya punya dolanan Astro Megazord-nya Power Rangers in Space (1998). Gile itu dolanan klasik yang keren banget menurut gua sekarang (dimana unitnya sekarang udah rusak dan semua aksesorisnya ilang semua L)

Astro Megazord dari Power Rangers in Space
Sumber: YouTube account DosmRider

Terus yang gua inget dulu pernah punya model kit battleship dari brand Academy, kalo ndak salah sih modelnya Bismarck.

German Battleship Bismarck. Model kit dari academy.
Sumber: eBay

Gokil itu keren banget sih asli. Cuma sayangnya (lagi) dulu gua belum ngerti apa-apa dan gabisa ngerakit sendiri…..yang dimana akhirnya minta bantuan abang gua untuk bikin itu model. Eh unitnya sendiri banyak printilan (buset istilahnya jelek bener) yang ilang macem antenna. Another sad story L.

Oke cukup ya introduction nya kenapa gua ngebahas soal dolanan.

Ada dua kalimat yang gua sering banget denger dari beberapa orang.

“Boys will be boys. Umur pasti bertambah, namun urusan jati diri ada jati diri anak-anak”

“Cowo dari dulu pasti seneng mainan. Beda mainannya ada di harganya. Makin tua makin mahal

Kurang lebih seperti itu dan ini bener banget sih menurut gua. Bagi yang ngga merasa berarti perlu cek tuh bawahnya. Ehe.

Oke lanjut.

Kalo kalian yang ngga tau, mainan jaman sekarang ngga kaya yang kalian tau kaya dulu yang sekedar digerakin untuk role play. Mungkin artikel dari @ikidolanan ini bisa menggambarkan kondisi per-dolanan dunia saat ini

Goks sih. FYI harga dolanan sekarang bisa nembus di angka (dalam rupiah) sekitar 10-15 juta untuk yang kualitas triple A. Iya, angkanya delapan digit. Udah kaya gaji experience salary man di Indonesia.

Golden coating limited edition Perfect Grade RX-0 Unicorn Gundam Phenex ini seharga 7.5 juta rupiah saja. Bisa dijadiin emas mahar nikah.
Sumber: Unicorn Toys

1/6 scale Hulkbuster dari Sideshow ini bisa ditebus dengan mahar sebesar 15jt-an (estimasi incl. pengiriman+pajak)
Sumber: Sideshow Toys

Bagi gua yang kolektor kizmin yang sumber dananya terbatas, liat dolanan kaya gitu cuma bisa bilang: that’s a holy grail dude. Tapi emang, harga sebanding sama hasil. Dan 1/6 scale Hulkbuster itu emang detail banget cuy. Detailnya bener-bener ngereplikasi detail yang aslinya kaya di film. Bedanya figure kaya gitu tergolong bukan kaya mainan role play biasa. Dan yang pasti bukan untuk anak-anak.

Sekarang gua coba bahas beberapa lini dolanan yang gua punya. Mari kita lihat rak mainan gua yang mungil ini.

Pojok berhala. Ngga mahal tapi kesayangan.

Maafkan hasil yang kurang jelas karena pencahayaan minim. Anjay.

Ada lima lini mainan di rak tersebut. Gua akan coba mendeskripsikan semua dan ngasih background history makernya.

-----------------------------------------------------------------------
Funko POP! series
Lini ini termasuk yang top notch di kelasnya. Funko dikenal sebagai maker yang punya harga miring namun lini mainan dan lisensinya banyak banget. Yang terkenal di Indonesia biasanya seri POP! ini, tapi Funko sendiri punya 8 jenis mainan dan aksesoris yang punya turunan jenis lagi. Lisensinya pun beragam dari tv seri, film, karakter komik, sampai game yang lagi hype. Menurut Wikipedia, Funko punya total lisensi hingga 1000 lisensi untuk figurenya!

Goks.

Lagi-lagi gua bakal ngerefer @ikidolanan yang ngebahas alasan kenapa Funko bisa jadi toys maker yang bakal meninggi terus revenue per tahunnya disini dan itu terkait lisensi yang beragam tadi. Funko sendiri didirikan tahun 1998 oleh Mike Becker dan Brian Marotti merupakan CEO nya dari tahun 2005 hingga saat ini.

Oh iya di foto itu ada beberapa seri yang gua punya macem seri kaya Guardian of the Galaxy, Star Wars, Overwatch, Deadpool, Evolve, Assassins Creed, dan Diablo. Semuanya belum lengkap sih karena keterbatasan dana dan lapar mata untuk ambil dolanan lain. Ehe.

Hasbro Star Wars Black Series
Hasbro sendiri udah terkenal banget dari lama sebagai toys maker yang—menurut Wikipedia (lagi)—terkenal dengan lini mainan G.I. Joe, Monopoly, Furby, dan Transformers.

Nah salah satu lini yang terkenal dari Hasbro ini adalah Star Wars. Sebenernya Star Wars sendiri dibuat sama Kenner, yang kemudian diakuisisi sama Hasbro. Diakuisisi means semua lisensi yang ada di Kenner pasti dipegang Hasbro.

Nah black series ini salah satu lini Hasbro yang ngerilis mainan Star Wars yang bisa dibilang playability dan sculpt modelnya keren banget dan sesuai dengan harganya. Untuk kalian yang pengen punya dolanan Star Wars tapi gangerti mulai darimana mungkin lini ini bisa jadi permulaan.

Yang ada di foto itu figure kylo ren yang regular.

McFarlane Toys
Toys maker ini terkenal dengan seri Spawn nya. Sekarang mereka paling ahli ngerilis lini Assassin’s Creed, terutama bikin life size gauntlet hidden blade dari semua karakter di Assassin’s Creed universe. No match untuk urusan ini.

Selain Spawn sama Assassin’s Creed, McFarlane juga bikin dolanan seri The Walking Dead, Titanfall—yang membahana itu, WWE, Halo series, Gears of War, Five Night’s at Freddy’s, dan yang terbaru Mass Effect: Andromeda.

Ya hampir semua lininya diisi sama game-game yang franchisenya udah terpandang di dunianya.

Di foto itu ada Arno Dorian dari Assassin’s Creed series 3.

Bandai’s Gunpla
Dude, siapa yang ngga kenal sama lini Gunpla nya Bandai? Ngga perlu dijelasin lagi soal yang satu ini karena dari orang awam sampe toys collector pasti minimal tau atau pernah nonton serialnya.

Soal lini Gunpla terbaru ada Thunderbolt dan Iron Blooded Orphan yang jadi calon lahan duitnya Bandai (terutama Iron Blooded Orphan, bahkan gua bingung Bandai bisa-bisanya menguras duit para kolektor padahal semua runner dari setiap kitnya hampir sama).

Oh iya jangan lupa kalo soal Bandai pasti ada seri Premium Bandai (P-Bandai) yang entah itu ngerilis ulang model kitnya ke bentuk limited edition atau barang pernak pernik sekitaran Gundam. 

Oh iya juga, kalo mau lihat racunan soal gunpla silahkan mampir ke akun @gunpla_overlord

Zhuai Mao
Soal Zhuai Mao (atau Zhuai Meow) ini gua kurang begitu dapet info banyak karena mainan ini sendiri rilis hanya di sekitaran Taiwan dan Malaysia. Sejauh yang gua gali infonya sih Zhuai Mao ini semacam maskot yang dibuat terus dijadiin merchandise macem figure (kaya yang difoto), case handphone maupun pernak pernik lainnya. Kebetulan yang gua punya adalah semacam versi bootleg dari karakter-karakter komik US yang terkenal.

Mungkin Zhuai Mao ini semacam Kaws kali ya? Icon pop culture gitu deh. Kalo ngga tau Kaws silahkan googling ya teman-teman jangan malas.
-----------------------------------------------------------------------

Selain lima lini di atas, di foto itu juga ada dolanan dari Happy Meal nya McDonalds yang edisi Mario Kart 8 yang lagi booming waktu itu.

Oke masuk ke penutup.

Konklusi dari tulisan ini adalah kalo memang kalian pengen nyoba untuk mulai mengoleksi dolanan, do it with your own risk. Karena memang kalo udah punya satu, rasanya pengen ngelengkapin serinya. Serinya udah lengkap jadi pengen punya lini ukuran dari seri tersebut. Udah lengkap lini ukurannya pengen coba seri yang lain.

Begitu terus aja sampe pohon toge segede pohon beringin.

Oke itu garing.

Jadi….kalo kalian tertarik atau sekedar penasaran gimana sih dunia dolanan, kalian bisa memulai dengan mem-follow @ikidolanan (dan juga @gunpla_overlord khusus untuk gunpla) di semua sosmednya dan nikmati #racundolanan yang adminnya sebarkan.

Tapi ingat. Kalo kalian udah beli dolanan pertama, tandanya kalian siap untuk masuk ke dalam lingkaran setan lalu terjebak ke dalam lubang tanpa dasar.

Ke dalam lubang tanpa dasar, yang tanpa sadar gua pun menikmatinya.....yang bikin ngga pengen lagi ke tempat asal.

Kok kedengaran seperti hal yang porno ya.

Belilah apa yang ingin kamu beli dan sudah ada di depan mata. Lebih baik menyesal membeli daripada menyesal ngga beli.

Salam yang mempersatukan semua insan kolektor dolanan. WANI.

Matur suwun!

My Instagram